About Me

Ngeblog Bebuah Buku

 

REJAI - Ketika memulai menjadi guru, saya punberminat untuk mencoba menerbitkan buku sendiri. Mencari penerbit gratis, jika tidak ada yang mensponsori saya membiayai sendiri buku untuk diterbitkan. Dan alhamdulilah, sekarang sudah ada 2 buku solo dan 2 buku ditulis ramai-ramai.


Buku yang telah diterbitkan ini adalah hasil menulis di blog. Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan menulis di blgg. Selain dapat menyampaikan ide dan gagasan melalui tulisan. Hasil di blog kita juga bisa dibaca banyak orang dan dijadikan sebuah buku. Bahkan, kita bisa mendapatkan penghasilan dari blog dengan memasang google adsense.

Baca Juga :  Dari Ngeblog, Saya Bergaji Belasan Juta

Apalagi ketika menjadi guru saat ini, banyak waktu kosong. Bayangkan jam kerja guru, dalam satu minggu, jam wajib  mengajar di sekolah hanya 24 jam. Dalam satu hari guru mengajar ada yang full ada yang bahkan 3 atau 6 jam saja. Bayangkan, begitu banyak jam kosong seorang guru saat ini. 

Saya memulai belajar  menulis di blog sejak kuliah.  Ketika itu, saya belajar mengotak atik blogspot dan wordpres.com sendiri. Belajar otodidik. Bahkan membeli buku membuat blog.  Saya pun ketika itu mengikuti berbagai pelatihan penulisan mulai dari  Forum Lingkar Pena Pekanbaru-Riau dan media-media di kampus.  Ketika itu ada dua tilisan saya terbit di Riau Pos dan Batampos dikolom opini ketika menjadi mahasiswa.

Tamat dari bangku kuliah, saya pun bergabung disalah satu media terbesar di Kepulaan Riau, yakni tribunewsbatam. Pengalaman menjadi seorang jurnalis, saya manfaatkan untuk mengembangkan minat bakat menulis di blogspot.com. Sewaktu berpofesi sebagai jurnalis, tak ada terlintas untuk menerbitkan buku, namun sejak diterima menjadi guru saya pun mulai berminat untuk mengembangkan dunia tulis menulis ini di blog. 

Buku-buku yang diterbitkan memang belum memberikan income/pendapatan bagi penulis. Namun, ada rasa kepuasan batin ketika berani untuk menulis dan menerbitkan buku. 


Post a Comment

9 Comments

  1. Betul ada kepuasan tersendiri melihat tulisan kita terbit menjadi sebuah buku. Rasa tak percaya.

    ReplyDelete
  2. Keren Pak.. semangat terus berkarya pasti masih bnyk buku minta diterbitkan..

    ReplyDelete
  3. Karena artikel yang dituangkan di blog setiap hari maka membuahkan hasil suatu karya berupa buku.

    ReplyDelete
  4. Keren cerita dan inspirasi yang dibagi. Menjadi motivasi untuk saya agar bisa berkarya juga

    ReplyDelete
  5. Keren ...berbagi cerita. Sangat inovatif dan mengispirasi kpd yg lain

    ReplyDelete
  6. keren, belajar otodidak nge blog sampai jadi buku

    ReplyDelete
  7. Mantab.., terus emngat memanfaatkn blog untuk menghasilkan suatu karya. Waah ternyata kita pernah satu grup buku antalogi ya Pak..

    ReplyDelete