About Me

Keren, SMPN 9 Senayang Menerapkan Ujian Semester Berbasis Komputer


Siswa SMPN 9 Senayang sedang mengikuti ujian berbasis komputer.


LINGGA - SMP Negeri 9 Senayang di Pulau Duyung kembali mengikuti era zaman digital, mereka melaksanakan ujian tidak lagi menggunakan kertas, namun Penilaian Akhir Semester Berbasis Komputer (PASBK). Hal ini dilakakukan mengikuti perkembangan zaman dan teknologi.

Kendati di Pulau Duyung Kecamatan Katang Bidare ini masih terkendala dengan listrik dan signal, namun SMPN 9 Senayang ini bisa melaksanakan ujian menggunakan teknolog atau menerapkan ujian berbasis komputer.   Untuk sumber internet operator bersama Tim menyediakan internet di sekolah. 

Putri Susi Maulina S,Pd, guru mata Pelajaran Informatika SMPN 9 Senayang mengatakan, harus bekerja keras  menerapkan ujian berbasis komputer di sekolahnya ini. Apalagi, banyak kendala dan tantangan harus ia lalui.

"Kita tahu sendirilah pak, kalau di Pulau Ini kendala kita pasti singnal dan listrik. Tapi, kami insyaallah dapat melaksanakan ujian ini di sekolah dengan baik," kata Putri. Menerapkan ujian berbasis komputer ini tidaklah rumit, hanya saja bagaimana siswa yang ujian dapat mengatahui dan mengoperasikan komputer dengan baik. Dan tentunya para siswa ini perlu diberikan bimbingan sebelum mengikuti ujian.

Ia melanjutkan, selain lebih memudahkan para siswa untuk mengerjakan soal dengan menggunakan aplikasi ujian di komputer, para siswa juga tidak bisa melakukan kecurangan, selain soal-soal yang diacak, para siswa juga tidak bisa membuka aplikasi pencarian google. 

“Paket datanya kami sudah matikan semua, jadi ketika login pengerjaan soal mereka tidak bisa membuka aplikasi apapun selain aplikasi ujian,” tandasnya (*)


Post a Comment

2 Comments