About Me

Rekrut 1,3 Juta PPPK, Seleksi 2024 Lebih Fleksibel, Dilaksanakan Beberapa Kali dalam 1 Tahun


PPPK 2024 kapan dibuka menjadi pertanyaan banyak orang, terutama bagi peserta yang tidak lolos rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2023. Pengumuman kelulusan PPPK 2023 sendiri akan dirilis pada 6-15 Desember 2023.

Sehubungan dengan rekrutmen PPPK 2023 yang akan segera berakhir, banyak orang yang mencari tahu apakah seleksi PPPK akan kembali dibuka pada tahun 2024 atau tidak. 

Untuk mengetahui informasi lebih detail mengenai PPPK 2024, berikut ini adalah penjelasannya.

PPPK 2024 Kapan Dibuka?

Dikutip dari Kumparan.com, Pada 2024, pendaftaran seleksi PPPK akan dibuka kembali. Jadi, bagi pelamar Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) yang gagal pada seleksi PPPK 2023 bisa mencoba mendaftar kembali pada periode berikutnya. 

Lantas, seleksi PPPK 2024 kapan dibuka? Berdasarkan informasi terbaru dari Badan Kepegawaian Negara (BKN), belum diketahui pasti kapan pelaksanaan rekrutmen PPPK 2024 dibuka. 

Meski begitu, pelaksanaan seleksi PPPK 2024 rencananya akan berjalan lebih fleksibel, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Pernyataan ini disampaikan oleh Suherman, Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN. 

Adapun "fleksibel" yang dimaksud mengacu pada teknis pelaksanaan seleksinya. Suherman mengatakan bahwa pelaksanaan seleksi PPPK periode selanjutnya kemungkinan akan dilaksanakan beberapa kali dalam satu tahun.

Namun, teknis pelaksanaannya akan dirumuskan terlebih dahulu oleh Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) dan kesiapan dari pihak Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) dalam menyelesaikan soal-soal tesnya.

Sebagai informasi, dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) disebutkan bahwa tenaga hororer akan dihapus paling lambat Desember 2024.

Dengan adanya peraturan tersebut, instansi pemerintah, baik itu pemerintah pusat atau daerah, tidak boleh lagi merekrut tenaga Non-ASN atau tenaga honorer.

Oleh sebab itu, pemerintah berupaya agar tenaga honorer dapat mengikuti seleksi PPPK tahun depan. Bahkan rencananya, tenaga honorer yang telah mengabdi di atas 5 tahun ke atas diharapkan dapat menduduki posisi PPPK tanpa proses seleksi.

Formasi CASN 2024 dan Jumlah Kuotanya

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) melalui keterangan tertulisnya menyatakan akan membuka lebih dari 1,3 juta formasi bagi CASN. 

Hal ini didasarkan pada beberapa perhitungan, yaitu meliputi sisa formasi tahun sebelumnya, jumlah ASN yang pensiun pada tahun yang akan datang, dan kebutuhan riil di lapangan.

Pembukaan formasi CASN 2024 ini akan tersebar di berbagai instansi pemerintah, baik itu di level kementerian, lembaga, maupun pemerintah daerah.

Selain itu, pemerintah berencana akan membuka kuota seleksi CASN 2024 lebih banyak untuk para fresh graduate atau lulusan baru. Keputusan ini bukan semata-mata karena ingin mengatasi masalah pengangguran saja. 

KemenPANRB menyebutkan, kuota seleksi CASN 2024 lebih banyak untuk lulusan baru karena ingin mendapatkan talenta yang memiliki keahlian paling mutakhir. Dengan demikian, diharapkan bisa mendukung upaya reformasi birokrasi pemerintah. (*)

Post a Comment

0 Comments