About Me

Belajar Pramuka, Ternyata Asik Juga ya!!!!!!



 Alhamdulillah, kegiatan Gelang Ajar Pembina Pramuka Kwartir Ranting Kecamatan Bakung Serumpun Kabupaten Lingga, berjalan dengan lancar. Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari, Jumaat (15/10) sampai dengan Minggu. Kegiatan ini dilaksanakan di SMA Negeri  Senayang ini diikuti guru di SD, SMP dan SMA di Bakung Serumpun.



Kelompok PANORAMA


Saya sendiri baru pertama kali mengikuti kegiatan pramuka ini. Sebagai orang asing dalam Pramuka, tentunya harus banyak belajar lagi. Kendati demikian, selama pelaksanaanya banyak sekali pelajaran dan ilmu yang diberikan narasumber. Mulai dari belajar menggunakan KOMPAS, PANORAMA, MENAKSIR, TANDA JEJAK, PETA PITA, SANDI, MORSE, SEMAPHORE, TALI TEMALI, P3K, PIONNERING dan PBB.



Selama materi diberikan dari pagi hingga malam narasumbernya memang  asik-asik dan keren. Kami tidak hanya mendapatkan materi aja, tetapi ada permainan dan game di dalam kelas, sehingga suasana kelas terasa hidup dan tidak membosankan.   

Di Pramuka juga tidak ada dipangil Bapak/Ibu. Tidak menggenal batas usia. Yang muda memangil yang tua Kakak, begitu juga yang sebaliknya. Semuanya di panggil Kakak.  Jujur aja, saya merasa belum terbiasa memangil yang lebih tua Kakak. Mungkin karena saya baru menggenal ilmu keperamukaan.




Setelah dua hari mendapatkan materi di ruangan kelas SMAN 3 Senayang, pada hari terakhir,seluruh peserta melakukan Hiking/Outbond. Masing-masing kelompok terdiri dari 5 orang.  Putra sesama putra dan kelompok putri sesama putri.

Hiking ini menggunakan seluruh materi yang diajarkan didalam kelas. Sekali mendapatkan materi langsung dipraktek.  Meski belum menguasai penuh materi tersebut, namun sedikit mulai memahaminya.




 Materinya unik, asik, dan menghibur. Tentunya bagi yang sudah aktif di Pramuka, mereka mudah untuk mempraktekan dalam kehiudapan sehari-hari. Karena itulah yang dasar diajarkan dalam Kepramukaan. Materi yang sulit mungkin adalah MORSE dan SANDI. Karena kita harus memahami kode tersebut.

Saat praktek dilapangan, kelompok kami diberi nama  PANORAMA. pak Indra sebagai ketua, Nanda, Anton dan saya sendiri.  Kami ada berempat. Masing-masing punya tugas untuk menyelesaikan hiking ini.  Ada 4 pos yang disiapkan kakak-kakak panitia. 




Ya, dalam prakternya kami masih banyak bingung dan belum memahami banyak. Bahkan ada yang salah menggunakan kompas, menaksirkan tinggi tiang lampu, hingga menggunakan tali temali.  Teman-teman kelompok saya juga demikian belum memahami ilmu pramuka. Kiraain saya aja yang belum paham dalam ke pramukaan. Ternyata banyak juga yang sama seperti saya. hahahahaha... Ya minimal kami paham sedikit. Udah lumayan.  

Dalam pramuka juga diajarkan untuk mencintai sesama dan alam sekitar.  Kita tidak boleh ego dan menang sendiri.  Semoga tulisan singkat ini bermanfaat.....

 

Penulis Ahmad Yani

Peserta Galang AJAR SMP Negeri 2 Senayang





Post a Comment

6 Comments