About Me

Aturan Baru: Guru Dilarang Bawa HP dan Bermain HP di Kelas


Ilustrasi. 


gurukuaan.com_Aturrapa untuk para guru saat berada di ruang kelas.  Semua guru di Bondowoso Jawa Timur ini akan dilarang menggunakan atau main handphone (HP) di dalam kelas.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud) Kabupaten Bondowoso akan menerbitkan surat edaran berisi larangan guru yang bermain HP khususnya di depan para peserta didik.



Salah satu alasan diterbitkannya surat edaran tersebut karena mengganggu proses belajar mengajar. Selain itu, memberi teladan kepada siswa untuk 
 bijak dalam menggunakan HP.

“Sampai saat ini masih banyak guru yang main HP saat mengajar di kelas. Oleh karenanya, kami akan bersurat terkait larangan bermain HP saat proses belajar mengajar,” kata Kepala Dispendikbud Bondowoso, Harimas kemarin.


Surat edaran akan ditujukan kepada seluruh pengawas, kepala sekolah, dan guru di Bondowoso. Kata Harimas, akan ada sanksi bagi mereka yang tidak mematuhi surat edaran tersebut. “Awalnya kami beri sanksi teguran. Jika tetap melanggar, kami akan mutasi yang bersangkutan,” ujarnya.

Saat dikonfirmasi terkait sekolah yang mewajibkan siswanya menggunakan HP untuk kepentingan pembelajaran, Harimas mengatakan, sepanjang HP digunakan sesuai dengan kebutuhan, maka sah-sah saja.


“Silakan. Yang penting kita bisa membagi waktu dan kepentingan. Jika memang dibutuhkan,” tegasnya.

Sumber : balicitizen.com

Post a Comment

12 Comments

  1. Bagaimana kalau hp tersebut digunakan untuk untuk akses informasi yang menunjang pembelajaran?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saye Lihat Banyak Guru Guru Di Kelas Maupun Di Kantor Kebanyakan Wa Atau Sosmed Lainnya

      Delete
    2. Kan sudah disediakan buku paket ,

      Delete
  2. Besok terus ada aturan guru tidak boleh menggunakan laptop?!bedanya apa laptop dgn hp?

    ReplyDelete
  3. Kalau untuk proses pembelajaran menurutku boleh boleh aja

    ReplyDelete
  4. saya menggunakan hp dalam mengajar karena bahan pelajaran saya di hp. Saya tidak menggunakan buku karena ribet manalagi beratnya yang gak ketulungan. Buku saya semua buku elektronik Dan saya simpan di hp. Kalau Ada yang mudah kenapa cari yang sudah. Jangan mempersulit diri dengan aturan2 yang tidak perlu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya setuju dan sependapat dengan tuan, hp sekarang sudah seperti komputer... boleh digunakan dalam proses pengajaran.. malahan keupayaan hp sekarang banyak jauh lebih canggih daripada laptop yang berada di pasaran buat masa ini... penggunaan hp dalam proses pengajaran memang lebih banyak memudahkan dan lebih pantas dalam mengakses pelbagai sumber rujukan... penggunaan hp dalam pengajaran boleh memberikan impak yang besar kepada murid... murid boleh menggunakan hp yang di bawah kawalan guru.. untuk memberikan peluang kepada murid membuat rujukan dengan pantas...

      Delete
  5. Pada awalnya penggunaan HP tidak menimbulkan masalah, jadi masalah ketika guru tidak amanah..., ini yang menyebabkan adanya aturan...

    ReplyDelete
  6. Bagi guru2 tertentu hp adalah media dan sarana sebagai penunjang dlm proses bljr dan mengajar, meski ada juga oknum guru yg maen hp hanya utk medsos.

    ReplyDelete
  7. Yang penting bisa dipastikan HP untuk menunjang pembelajaran....salam digital

    ReplyDelete
  8. Kalau begitu siswa pun bisa belajar pakai hp.

    ReplyDelete