About Me

Hari Guru, Siswa SMPN 2 Senayang Makan Bareng Guru Beralaskan Daun Pisang


REJAI - Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) di SMPN 2 Senayang Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau, pada 2022 ini agak sedikit berbeda. Setiap kelas bersama wali kelas dan guru ikut makan bersama-sama beralaskan daun pisang. 

Semua makanan dihidang merupakan masakan bersama siswa dan guru-nya di sekolah. Hal ini dilakukan sebagai bentuk rasa syukur siswa karena dapat merayakan HGN ini dengan rasa suka cita.


Siswa dan wali kelasnya memasak mulai dari pagi hingga selesai.  Alat-alat memasak, mulai dari kompor, panci, piring dan seluruh peralatan memasak dibawa dari rumah. Meraka saling bahu membahu, tolong menolong agar memasak untuk guru ini dapat berjalan dengan lancar. 



Selain itu, mereka membawa nasi, ayam goreng, sambal, hingga air-air mineral untuk dihidangkan di sekolah.  Ada yang memasak didalam kelas, di luar kelas, bahkan memasak dibawah pohon-pohon peneduh di SMPN 2 Senayang ini. Para siswa ini menyediakan masakan terbaiknya untuk teman-temanya dan guru. 



Makanan dan lauk-pauk yang sudah selesai di masak, lalu dihidang dengan daun pisang sebagai penganti piring. Siswa-siswa ini semuanya duduk rapi lesehan di korider yang ada di sekolah. Sebelum makan bersama, guru dan siswa ikut berdoa terlebih dahulu, agar kegiatan ini berjalan dengan baik.  

Meskipun tampak lelah dan sibuk  menyiapkan makanan, namun siswa dan guru-guru ikut bahagia dan senang dapat bersama-sama mencicipi hidangan sederhana beralaskan daun pisang ini. 

Usai selesai makan bersama-sama, siswa dan siswi SMPN 2 Senayang memberikan ucapan selamat kepada seluruh guru. Mereka ada yang memberikan buket kepada wali kelasnya, guru mata pelajara, dan kado-kado unik dan indah yang telah mereka hiasi semenarik mungkin. 


Bahkan ada yang memberikan buket dengan memberikan tulisanya ditempel  dengan kata-kata mutiara dan lucu. "Ini kado untuk bapak, yang sering buat bapak marah sama saya di kelas. Selamat Hari Guru," tulis isi kado tersebut. 

Kelelahan dan kecapean setelah banyak memasak dan menyiapkan semua hidangan di sekolah terbayarkan dengan berbagai macam penampilan dan atraksi dari siswa.  Ada membaca puisi, tari kreasi, dan guru dan siswa  ikut bernyanyi, untuk memeriahkan suasana bersemapan HGN ini. (*)

"SELAMAT HARI GURU NASIONAL" 


Post a Comment

0 Comments