About Me

Cek Bantuan Kuota Internet Kemendikbud 2021, Cair Maret-Mei

 






Jakarta- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kemendikbud berencana melanjutkan bantuan kuota internet di tahun 2021. Bantuan kali pertama disalurkan pada 2020 untuk guru, murid, mahasiswa, dan dosen.

"Kabar gembira bantuan subsidi kuota akan dilanjutkan untuk bulan Maret, April, dan Mei 2021," ujar Mendikbud Nadiem Makarim dalam rapat kerja Komisi X DPR RI dengan Mendikbud pada Rabu (20/1), yang disiarkan melalui channel YouTube DPR RI.

Rencana melanjutkan bantuan kuota internetKemendikbud pada tahun 2021, merupakan dukungan pemerintah pada pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Total penerima bantuan kuota internet mencapai 35.598.376 orang pada tahun 2020.

Saat ini, PJJ masih jadi pilihan utama sebagian daerah untuk melanjutkan pendidikan. Nadiem menjelaskan dengan kenyataan tersebut maka Kemendikbud membuat perencanaan dengan menyertakan COVID-19. Worst strategy scenario disiapkan Kemendikbud menghadapi segala situasi.

"Karena itu, bantuan subsidi kuota internet Kemendikbud masih dilanjutkan. Optimasi PJJ juga akan kita lakukan. Untuk sekolah yang sulit melakukan PJJ, kami dorong untuk mengakselerasi tatap muka. Tentu dengan menerapkan protokol kesehatan," kata Nadiem.

Terkait bantuan kuota internet Kemendikbud, update berkala bisa diketahui lewat situs https://kuota-belajar.kemdikbud.go.id. Informasi juga bisa diketahui melalui Facebook, Instagram, Twitter, dan YouTube Kemendikbud.

Bantuan kuota internet Kemendikbud pada tahun 2020 terdiri atas kuota umum dan belajar. Kuota umum dapat digunakan untuk mengakses seluruh situs dan aplikasi, sedangkan kuota belajar hanya bisa mengakses sarana darin pembelajaran.

Rincian bantuan kuota internet Kemendikbud adalah:

A. Peserta Didik Jenjang PAUD 20 GB per bulan, terdiri atas:

5 GB Kuota Umum

15 GB Kuota Belajar

4 Bulan Durasi Bantuan


B. Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah 35 GB per bulan, terdiri atas:

5 GB Kuota Umum

30 GB Kuota Belajar

4 Bulan Durasi Bantuan


C. Pendidik Jenjang PAUD dan Pendidikan Dasar dan Menengah 42 GB per bulan, terdiri atas:

5 GB Kuota Umum

37 GB Kuota Belaja

4 Bulan Durasi Bantuan


D. Dosen dan Mahasiswa 50 GB per bulan, terdiri atas:

5 GB Kuota Umum

45 GB Kuota Belajar

4 Bulan Durasi Bantuan


sumber : detik.com



Post a Comment

0 Comments