About Me

Menko : Pemerintah Mau Transfer Subsidi Gaji buat 1,8 Juta Guru Honorer

 





Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan pemerintah tengah menyiapkan subsidi gaji untuk 1,8 guru honorer. Nantinya, subsidi gaji itu akan dikoordinasikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di bawah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim.

"Disampaikan juga, ada program untuk guru honorer sejumlah 1,8 juta yang nanti akan dilaksanakan Kemendikbud," ujar Airlangga dalam Konferensi Pers Komite Penanganan COVID-19 dan PEN, Jumat (18/9/2020).

Airlangga menerangkan skema subsidi gaji tersebut serupa dengan subsidi gaji pekerja bergaji di bawah Rp 5 juta yang disalurkan melalui Kementerian Ketenagakerjaan. Itu berarti, setiap guru honorer akan mendapatkan insentif sebesar Rp 600 ribu per bulan selama empat bulan, atau totalnya Rp 2,4 juta.

"Kebijakan sama dengan subsidi gaji," tambahnya.

Sebelumnya, satuan tugas (satgas) Pemulihan dan Transformasi Ekonomi (PEN) mengklaim telah menyalurkan subsidi gaji kepada 398.637 guru honorer dan tenaga pendidik sampai 14 September 2020 kemarin. Sehingga, bila ditotal dana PEN yang sudah disalurkan pada seluruh pekerja bergaji di bawah Rp 5 juta penerima subsidi gaji tersebut mencapai Rp 7 triliun. Jumlah itu, setara 17,43% dari pagu anggaran Rp 37,87 triliun.

sumber : detik.com

Post a Comment

0 Comments