About Me

Trik Untuk Guru, 8 Tahapan Mengerjakan e-Rapor Online di Rumah






gurukuaan.com_Cara untuk melakukan penginputan nilai pada aplikasi erapor yang dapat dilakukan di rumah.

Seperti biasa jika anda adalah seorang guru mata pelajaran baik guru yang mengajar di jenjang SD, SMP, SMA maupun SMK dan di sekolah anda telah menggunakan aplikasi erapor untuk menginput data nilai di rapor peserta didik, maka pastinya anda harus melakukan penginputan nilai kedalam aplikasi erapor yang biasanya sering dilakukan di sekolah.

Pada penginputan nilai di aplikasi erapor ada beberapa jenis nilai yang harus di input yaitu diantaranya nilai harian yang terdiri dari nilai pengetahuan dan nilai keterampilan dari setiap kompetensi dasar, nilai ulangan tengah semester, dan nilai ulangan akhir semester. Ketiga nilai tersebut wajib untuk di isi oleh setiap guru mata pelajaran melalui format penilaian yang terdapat di aplikasi erapor.

Bagi guru yang akan melakukan penginputan nilai di dalam aplikasi erapor maka harus melakukan beberapa tahapan yang wajib untuk di kerjakan terlebih dahulu sebelum melakukan input nilai.

Adapun Tahapan-tahapan yang harus dilakukan oleh guru yaitu antara lain melakukan pemilihan data kompetensi dasar dari masing-masing mata pelajaran untuk setiap semester, kemudian membuat rencana penilaian yang meliputi rencana nilai pengetahuan, rencana nilai keterampilan, pilih kompetensi dasar pada butir sikap spiritual dan sikap social serta membuat perencanaan bobot untuk penilaian harian, penilaian tengah semester dan penilaian akhir semester.

Apabila semua tahapan-tahapan tersebut telah di kerjakan dengan benar, maka langkah selanjutnya barulah guru dapat melakukan penginputan nilai di dalam aplikasi erapor.

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara agar anda dapat melakukan pengisian nilai pada aplikasi erapor di rumah meskipun tanpa menggunakan laptop admin dan hanya menggunakan laptop atau komputer anda sendiri.

Berikut ini 8 langkah cara untuk melakukan penginputan nilai di aplikasi erapor yang dapat di kerjakan di rumah:

1.   Aturlah terlebih dahulu data kompetensi dasar sesuai mapel anda
2.   Buatlah rencana penilaian yang sesuai dengan keinginan anda
3.   Lakukan download format import sesuai dengan kelas dan mata pelajaran yang anda ampu
4.   Selanjutnya silahkan anda ambil file hasil download format import tersebut dan anda masukkan kedalam komputer pribadi anda dan silahkan anda bawa pulang kerumah
5.   Kemudian anda dapat mengisi nilai di dalam format import tersebut di rumah anda masing-masing
6.    Untuk memasukkan kembali nilai yang telah anda kerjakan atau anda input di rumah kedalam aplikasi erapor maka anda cukup melakukan import nilai siswa kedalam aplikasi erapor.
7.   Jika anda telah berhasil melakukannya maka nilai erapor yang telah anda input dirumah kini dapat masuk kedalam aplikasi erapor.
8.   Selesai.

Sumber : kherysuryawan.id

Post a Comment

0 Comments