About Me

Sensasi Berendam di Kolam Air Setengah Masak di Dabok, Ada Pesantren Lagi Disamping Kolam



Warga berendam di kolam renang air masak.  Foto aan

gurukuaan.com - Rasanya kurang lengkap hidup penulis,  jika berpergian ditempat baru tidak tercatat.  Kali ini,  penulis bisa melihat ciptaan Sang Maha Kuasa yang maha  dahsyat.  Sungguh banyak nikmt yang diberikaNya kepada umat manusia. Salah satunya perut bumi yang mengandang air yang hangat di Dabo. 

Dabo Singkep seperti tak habis-habisnya menawarkan wisata yang indah murah dan merakyat.  Daerah pernah menjadi central timah di Indonesia ini,  memiliki kolam renang air panas tentunya enak untuk memanjakan diri. 

Pengunjung lagi istirahat ditempat pemandian 

Objek wisata yang satu ini berada di Dusun II Desa Berindat, Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga, berjarak kurang lebih 3 kilometer dari pusat kota.

Perjalanan dari kota Dabo ke tempat pemandian air hanya memakan waktu sekitar 20 menit menggunakan kendaraan roda dua dan dan bisa pakai roda empat.

Selama perjalanan ke kolam pemandian air panas dari perut  bumi ini,  kita akan disuguhkan pemandangan perkebunan dan hutan nan rimbun. Rasa bosan selama perjalanan pun terobati dengan pemandangan yang hijau.  Apalagi,  banyak sekali perkebunan durian dan karet.  Waw.. Jika musim durian,  harganya murah dan terjangkau.  Sayang perjalan penulis kali ini belum saatnya musim durian di Dabo.  Ada sih durian,  tapi harganya selangit dan mahal. 

Berenang di kolam air separuh matang ini memberikan sensaisi baru bagi penulis. Jika biasanya berendam di air laut yang dingin,  kali ini penulis bisa merasakan mandi di air hangat.  Ya,  jika dimasuin telur ayam di dalam air kolam ini,  telur tersebut bisa masak.  Setelah berendam di kolam air panas ini badan teras enak dan segar.

Kita juga bisa memesan makanan dan minuman ringan di tempat pemandian


Jika sedang berendam tempat pemandian air hangat ini,  badan kita tidak akan terasa dingin sama sekali.  Semakin dingin cuaca,  bertambah panas air di kolam ini.  Penasaran bukan.

Penduduk setempat biasanya sering datang setelah sholat shubuh mandi di kolam air hangat ini. Yah pagi-Pagi.   Dan bahkan kolam air hangat ini menjadi tempat trafi bagi penyakit strok.  Bahkan ada warga mandi pada malam hari.  Karena semakin dingin cuaca,  semakin hangat airnya. 

Disamping kolam renang ada pesantren, yang diberi nama Baitul Quran.  Santrinya tidak ramai hanya sekitar 10 orang.
"Santrinya kalau nggak salah saya sekitar 10 orang. Dan memang tidak ramai, " kata Nanda,  warga Kampung Baru Dabo Singkep. 

Loket dan pintu masuk pemandian 


Sumber air hangat ini berasal dari perut bumi.  Diketahui ada kandungan belerang di kolam renang.  Sehingga,  air di kolam ini hangat atau separuh matang.

Lokasi yang memiliki luas sekitar 35 x 45 meter persegi ini, terlihat ada tiga kolam pemandian air panas yang dikelilingi pondok-pondok bambu disekelilingnya menambah indah pemandangan bagi para pengunjung.

Tiga kolam yang tersedia di lokasi, memiliki suhu yang berbeda-beda yakni suhu rendah, sedang dan tinggi serta kolam khusus anak-anak yang tidak panas.
Kita tinggal memilih suhu  panas di kolam ini untuk berendam.  Tapi bagi penulis,  yang paling memberi sensasi baru itu panas yang tinggi.  Badan-badan pegel terobati setelah berendam di dalamnya. 

Air panas di pulau yang pernah menjadi daerah penghasil timah terbesar di Kepri ini bersumber dari mata air belerang asli yang dipercaya dapat digunakan sebagai alternatif untuk mengobati berbagai jenis penyakit kulit.



Selain itu, kandungan dari belerang alami yang terdapat di kolam air panas ini juga dapat untuk merefleksi diri. Sebab letaknya di bawah rerimbunan pohon yang rindang serta alami membuat para pengunjung menjadi lebih nyaman berada ditempat ini.

Fasilitas pendukung di lokasi pemandian juga cukup memadai, selain pondok bambu atau gazebo peristirahatan, juga ada tempat ibadah serta home stay yang dapat disewa pengunjung untuk bermalam.

Selain itu, juga ada kantin yang menyediakan berbagai macam makanan agar para pengunjung tidak perlu khawatir jika merasa lapar atau lupa membawa cemilan ke lokasi pemandian.



Pemandian air panas Dabo Singkep ini dapat di kunjungi mulai pagi hari hingga malam. Untuk harga tiket masuk, cukup membayar Rp3.000 untuk satu orang pengunjung. Cukup murah bukan?
Untuk itu ayo ajak keluarga Anda mengunjungi wisata pemandian Air Panas Dabo Singkep dan rasakan sensasi mandi air panas sepuasnya untuk sejenak menghilangkan lelah rutinitas sehari-hari.


Penulis : Ahmad Yani

Post a Comment

0 Comments